Jumat, 25 Mei 2012

Gigi Palsu, Jenis dan Tahapan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/gigi-palsu-jenis-dan-tahapan.html



Gigi palsu biasa digunakan oleh mereka yang kehilangan gigi aslinya karena tanggal atau sebab lain seperti pencabutan. Gigi asli yang tanggal karena pencabutan atau sebab lain dan tidak segera di ganti, dapat mengakibatkan dampak negatif bagi pemiliknya.

Beberapa dampak negatif akibat gigi tanggal yang tidak segera di ganti antara lain:

  • Penurunan estetika wajah.
  • Penurunan fungsi kunyah.
  • Penurunan kualitas berbicara.
  • Gigi di sekitar daerah tanggal akan mengalami kemiringan.
  • Kerusakan jaringan periodontal.
  • Trauma oklusi, yaitu turunnya gigi atas kerena hilangnya gigi bawah, atau naiknya gigi bawah akibat hilangnya gigi atas.
Untuk menghindari terjadinya dampak negatif di atas, ada baiknya jika gigi yang tanggal segera di ganti dengan gigi tiruan atau gigi palsu. Sebelum melakukan pemasangan gigi tiruan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan, agar pemasangan gigi palsu tersebut dapat berfungsi dengan maksimal.

Beberapa tahapan sebelum dilakukan pemasangan gigi tiruan adalah:

Pemeriksaan kesehatan gigi.
Gigi yang rusak tidak bisa langsung diganti dengan gigi tiruan. Dokter akan memeriksa jenis kerusakan yang terjadi pada gigi. Apabila gigi yang rusak masih bisa ditambal, dokter akan melakukan penambalan. Apabila masih memungkinkan, dokter akan melakukan perawatan saluran akar gigi serta pembersihan karang gigi jika ada. Jika sempat terjadi trauma oklusi, dokter akan memperbaiki susunan gigi secara benar. Apabila kesehatan gigi sudah baik, barulah dilakukan tahapan selanjutnya yaitu pemeriksaan tulang rahang.

Pemeriksaan tulang rahang.
Apabila kondisi tulang rahang menyempit ataupun ketebalannya berkurang, pemasangan dental implant akan tidak memungkinkan. Keanehan ini bisa disebabkan oleh pencabutan gigi atau kecelakaan. Yang menyebabkan bentuk tulang rahang berubah atau hilang. Keanehan ini dapat diatasi dengan cara rekonstruksi rahang. Apabila kedua hal diatas sudah memenuhi syarat, langkah selanjutnya adalah pemasangan dental implant.

Dental implant.
Dental implant adalah pemasangan tiang penyangga yang ditanam pada gusi yang merekat erat pada tulang rahang. Dental implant terdiri dari 2 bagian utama yaitu:
  • Base, berupa alat seperti mur yang ditancapkan pada tulang rahang dan perekatannya sangat maksimal.
  • Post, berupa alat seperi sekrup yang dipasang setelah mur atau base merekat kuat pada rahang.
Pemasangan Crown/gigi tiruan.
Pemasangan crown atau mahkota gigi tiruan bisa maksimal, apabila pemasangan base dan post terpasang dengan benar. Crown yang di pasang memiliki warna sesuai dengan gigi asli.

Ada beberapa jenis gigi tiruan yang bisa digunakan, yaitu gigi tiruan tetap atau fixed prosthetic dan gigi tiruan lepasan atau removable prosthetic, yang terbagi menjadi:

  • Gigi tiruan cekat.
Gigi tiruan ini digunakan untuk menggantikan satu atau lebih gigi yang hilang. Gigi tiruan ini termasuk gigi tiruan tetap atau fixed prosthetic yang tidak bisa dilepaskan, sebab pemasangannya permanen pada gigi asli dengan menggunakan semen.

  • Gigi tiruan sebagian lepasan.
Gigi tiruan ini menggantikan peran satu atau lebih gigi, tetapi tidak seluruh gigi asli atau pendukungnya. Gigi tiruan ini termasuk gigi tiruan lepasan atau removable prosthetic. Pemakaiannya dapat dilepas dan dipasangkan kembali.

  • Gigi tiruan lengkap.
Gigi tiruan ini termasuk gigi tiruan lepasan atau removable prosthetic, yang digunakan untuk menggantikan seluruh gigi geligi asli dan struktur pendukungnya. Gigi ini bisa dipasangkan pada rahang atas atau maksila dan rahang bawah atau mandibula.

9 komentar:

  1. Bagai mana kalau gigi asli permanen yg sudah hancur sampai kecil, apakah bisa di cabut?
    terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya masih bisa dicabut, namun tentu tergantung dari kondisi gigi itu sendiri. yang paling mudah, tentu dokter akan melakukan operasi ringan dengan anastesi lokal. pemasangan gigi palsu dengan sistem tanam, memang harus memperhatikan kondisi tulang rahang untuk pelekatan rumah gigi palsu, sehingga apapun kondisi gigi asli, memang harus dicabut, untuk hasil maksimal. semoga bermanfaat...

      Hapus
    2. Sebenarnya sy mempunyai banyak pertanyaan seputar gigi, tapi sy tanya satu persatu sj tdk apa2kan. rata2 org yg memiliki gigi berlubang atau sdh rusak itu di bahagian belakang, pertanyaan sy adalah apakah gigi bahagian belakang atas maupun bawah bisa d'ganti semua dengan gigi turian permanen yg tentunya bagus?

      Hapus
    3. sebenarnya bisa saja diganti, namun tentu saja tidak semua. fungsi gigi geraham bungsu memiliki fungsi kunyah yang bekerja berat, namun karena letaknya yang terlalu ke dalam, pemasangan dan perawatan sebelum operasi pelekatan tentu lebih rumit. beberapa memang menyediakan gigi tiruan geraham bungsu, namun cenderung yang bisa dilakukan pemasangan adalah sebatas geraham saja. semoga bermanfaat...

      Hapus
  2. berapa biaya pemasangan gigi palsu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung jenis bahan, jumlah gigi, dan yg ngerjain juga :D

      Hapus
  3. thks informasinya,, bermamfaat... untuk pemasangan telkomvision klik http://www.infoyestv.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Ingin ganti gigi..pake inplant gigi bsa gk yh

    BalasHapus
  5. Ingin ganti gigi..pake inplant gigi bsa gk yh

    BalasHapus