Selasa, 17 April 2012

Tips Mencegah Sakit Punggung pada Ibu Hamil

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/tips-mencegah-sakit-punggung-pada-ibu.html



Kehamilan, merupakan hal yang sangat menggembirakan bagi keluarga, terutama keluarga yang baru saja menikah. Namun ketika kehamilan mendekati trimester ke dua, seringkali ibu hamil merasakan nyeri pada pinggang atau punggung mereka dikarenakan menahan beban bayi yang akan lahir. Lebih dari setengah ibu hamil akan tertarik dengan cara cepat meringankan rasa sakit di punggung mereka., bahkan bagi mereka yang belum pernah merasakan nyeri di bagian punggung, tiba-tiba akan merasakan sakit punggung dikarenakan punggung yang seakan-akan tertarik ke belakang.

Bagi ibu hamil yang memiliki riwayat nyeri punggung, hal tersebut dapat meningkatkan rasa nyeri yang mungkin terjadi. Gangguan infeksi saluran kemih juga dapat mempengaruhi rasa sakit yang ditimbulkan oleh beban tambahan tersebut.

Konsumsi pil penghilang rasa sakit atau nyeri mungkin bisa membantu, namun harus diperhatikan efek obat tersebut terhadap janin yang sedang berada dalam kandungan. Sering ditemukan kejadian kelainan pada janin akibat konsumsi pil pereda nyeri saat kehamilan.

Cara terbaik untuk mengatasi nyeri pada pinggang dan punggung selama kehamilan, barangkali dengan cara pencegahan. Menjalani porsi latihan atau olahraga menjelang kehamilan, mungkin saja dapat meringankan rasa nyeri yang terjadi, seperti senam yoga atau senam pernafasan. Dengan teknik ini, seorang calon ibu akan mendapatkan porsi latihan khusus untuk mencegah datangnya nyeri yang mungkin datang pada saat mengalami kehamilan, namun, jika calon ibu sudah mengalami kehamilan, berjalan-jalan sebentar dengan jarak pendek, misalnya sekitar rumah, dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan cepat.

Hal utama yang perlu dilakukan adalah membicarakan keluhan nyeri punggung atau pinggang dengan dokter kandungan. Cari tahu apakah mungkin untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri tanpa menyebabkan resiko pada janin atau bayi. Akan lebih baik jika meminta petunjuk dokter jenis olah raga atau latihan yang dapat membantu meringankan gejala sakit pinggang tersebut.

Sebagian besar dokter akan memberikan nasihat untuk menghindari mengenakan pakaian ketat dan sepatu hak tinggi, serta menghindari duduk di kursi yang dapat mempengaruhi posisi tubuh yang tidak menguntungkan bagi ibu hamil, seperti tertekannya daerah perut dan pinggang. Bicarakan dan konsultasikan masalah tersebut segera...

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    artikel yang bagus,
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    BalasHapus