Kamis, 26 April 2012

Gerak Refleks Bayi, Apa Saja sih?

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/04/gerak-refleks-bayi-apa-saja-sih.html



Gerak refleks adalah suatu gerakan yang tidak dipengaruhi oleh kesadaran. Gerak refleks berguna bagi makhluk hidup untuk melindungi bagian tubuhnya dari suatu keadaan yang mengancam keselamatan jiwa. Beberapa orang beranggapan bahwa gerak refleks hanya dimiliki oleh seseorang yang memiliki kesempurnaan pertumbuhan dan perkembangan, benarkah demikian?

Walau baru lahir, gerakan bayi sudah sangat aktif yang didominasi gerakan refleks. Saat lahir, bayi memiliki 10 refleks yang khas. Dia bisa mengisap, menelan, melangkah, mengenggam, hingga berenang. Apa saja sich macam gerak refleks pada bayi normal? Berikut ini data-datanya:

  • Refleks menghisap (sucking).
Ketika ada benda masuk ke dalam mulutnya bayi akan menghisapnya.

  • Refleks rooting.
Saat pipinya disentuh, bayi akan menggerakan kepalanya menuju arah bagian yang disentuh sambil membuka mulutnya seperti siap menyusu.

  • Refleks moro.
Ketika bayi terkejut/mengalami perubahan posisi secara tiba2, bayi bereaksi seperti mau jatuh. Kepalanya tertarik ke belakang, melengkungkan punggung, kedua lengan dan kakinya direntangkan, kemudian dia akan menarik kedua lengganya ke arah dada.

  • Refleks menelan.
Ketika ada benda mengenai langit-langit mulut, bayi menelannya.

  • Refleks melangkah (stepping).
Ketika tubuh diangkat diposisikan berdiri dia akan melakukan gerakan seperti melangkah

  • Refleks Babinski.
Ketika telapak kaki bagian luar ditekan dari arah tumit ke arah jari-jari, maka jari-jari kakinya akan membuka dan meregang.

  • Refleks plantar.
Ketika telapak kakinya disentuh, jari-jari kakinya akan menekuk dan telapak kakinya bergerak ke dalam menjauhi tulang kering.

  • Refleks tonis neck.
Ketika dibaringkan dan wajahnya dipaling ke salah satu arah, misalnya kanan, tangannya akan membentuk posisi seperti pemain anggar dalam posisi siap, tangan kanannya lurus dan tangan kiri ditekuk.

  • Refleks berenang (swimming).
Ketika bayi ditelungkupkan di kolam berisi air, ia akan menggerakkan tubuhnya seperti berenang, tangan mengayuh dan kaki menendang-nendang.

  • Refleks menggenggam (palmar grasping/darwinian).
Ketika telapak tangannya disentuh, jari-jari menutup dan menggenggam benda yang menyentuh telapak tangannya.

Dengan mengetahui macam gerak refleks normal bayi, tumbuh kembang bayi akan terdeteksi secara optimal, bagaimana dengan bayi anda?...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar