Minggu, 13 Mei 2012

Tips Hindarkan Kaki Pegal Ibu Hamil

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/tips-hindarkan-kaki-pegal-ibu-hamil.html



Kaki sering merasa pegal dan lelah biasa dijumpai pada ibu hamil yang mempunyai usia kehamilan diatas trimester ke-dua. Kaki pegal pada ibu hamil disebabkan karena pertambahan berat badan yang mencapai puncaknya.

Penyebab lain dari timbulnya kaki pegal pada kehamilan adalah kurang lancarnya peredaran darah pada kaki. Lancarnya peredaran darah kaki, selain mengurangi rasa pegal, juga membuat keluhan kram dan varises berkurang.

Berikut ini tips hindarkan kaki pegal pada ibu hamil adalah:

  • Jaga sikap tubuh.
Saat duduk, duduklah dengan santai dan punggung tersangga dengan baik. Saat berdiri, taruh beban di kaki kiri dan kanan bergantian. Saat berbaring, pastikan letak dada dan jantung lebih tinggi.

  • Lakukan olah raga.
Olah raga ringan ataupun aktifitas ringan seperti jalan kaki, berenang, berlatih yoga ataupun pilates. Kegiatan tersebut membuat pembuluh venna pada betis aktif memompa darah kembali ke jantung, dengan begitu akan mengurangi kemungkinan varises yang terjadi.

  • Senam kaki.
Lakukan senam kaki dengan cara luruskan kedua kaki, lalu putar pergelangan kaki, agar pembuluh darah balik pada kaki tidak terhambat. Lakukan setiap 10 menit.

  • Susu.
Konsumsi susu dalam jumlah yang cukup, agar asupan kalsium tidak berkurang dan menjaga kesehatan tulang, terutama tulang pada telapak kaki dan betis.

  • Stocking khusus.
Kenakan stocking khusus untuk menyangga betis, sehingga ikut membantu memperlancar peredaran darah pada kaki.
  • Oleskan pereda nyeri.

Oleskan pereda nyeri yang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil, sehingga aman bagi janin dan kehamilan ibu tersebut karena tidak menimbulkan efek samping.

Silakan mencoba...

2 komentar:

  1. thanks info tips hindarkan kaki pegal

    BalasHapus
  2. artikel menarik tips hindarkan kaki pegal ibu hamil

    BalasHapus