Kamis, 24 Mei 2012

Melatih Tanggung Jawab Batita 2

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/melatih-tanggung-jawab-batita-2.html



Tanggung jawab adalah hal penting yang harus dimiliki anak untuk bisa sukses dalam hidupnya pada saat dewasa kelak. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak, sebenarnya merupakan salah satu bagian dalam menanamkan nilai-nilai positif dan kebiasaan baik pada anak.

Membiarkan anak melakukan suatu kewajiban dapat mengasah kemampuannya dan membuatnya lebih percaya diri. Jika batita mengerjakan sesuatu kurang dari sempurna, orang tua hendaknya membiarkan saja dan jangan membantunya. Cukup berikan masukan yang positif. Membuat anak merasa mampu mengerjakan sesuatu, jauh lebih penting daripada bagaimana cara anak mengerjakannya.

Berikut ini tips melatih tanggung jawab untuk batita dengan usia 19-24 bulan:

  • Terapkan disiplin.
Disiplin adalah serangkaian aturan, rewards atau ganjaran dan punishment atau hukuman, yang ditujukan untuk membentuk kontrol diri anak, agar anak terpacu untuk meningkatkan perilaku positif seperti yang diharapkan orang tua.

  • Jelaskan aturan.
Jelaskan aturan dengan bahasa yang sederhana dan tidak terlalu panjang agar mudah dimengerti anak. Harap diingat bahwa kemampuan anak pada usia ini masih sangat terbatas.

  • Beri pujian.
Beri pujian pada saat yang tepat, yaitu ketika anak melakukan perbuatan baik sesuai yang diajarkan tanpa perlu disuruh. Hendaknya pujian yang diberikan disertai dengan alasan mengapa anak mendapat pujian.

  • Beri hukuman.
Beri hukuman jika anak melakukan perbuatan yang tidak diharapkan orang tua. Ada baiknya sebelum memberikan hukuman, orang tua harus menjelaskan kepada anak jenis perbuatan yang tidak disukai orang tua. Dengan demikian diharapkan anak bisa memahami akibat perilakunya yang keliru.

  • Beri contoh.
Jika orang tua menginginkan anak melakukan perilaku yang diharapkan, orang tua hendaknya memberikan contoh perilaku agar ditiru anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar