Sabtu, 19 Mei 2012

Keyhole Surgery, Manfaat dan Keuntungan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/keyhole-surgery-manfaat-dan-keuntungan.html



Keyhole surgery adalah suatu metode baru dalam proses pembedahan. Keyhole surgery atau operasi lubang kunci adalah suatu teknik pembedahan dengan menggunakan teknik sayatan yang kecil pada permukaan kulit.

Manfaat keyhole surgery sendiri adalah meminimalkan resiko operasi atau pembedahan yang mungkin terjadi pada pembedahan normal, sehingga penanganan pasien pasca operasi relatif lebih mudah dan ringan.

Keuntungan keyhole surgery atau operasi lubang kunci adalah:

  • Sayatan minimal.
Sayatan pada permukaan kulit sangat minimal, yaitu antara 2-3 cm saja.

  • Tidak berbekas.
Sayatan pasca operasi normal biasanya meninggalkan bekas luka atau scar, sedangkan penggunaan teknik keyhole surgery tidak meninggalkan bekas luka.

  • Minimal perdarahan.
Karena menggunakan sayatan yang kecil, resiko perdarahan bisa diminimalkan, karena tidak terdapat sayatan yang besar.

  • Trauma jaringan minimal.
Seringkali dijumpai pada operasi normal, penggunaan jarum dan sayatan pisau bedah mengakibatkan trauma pada jaringan struktur, misalnya struktur kulit yang rusak dan meninggalkan bekas luka.

  • Bebas nyeri.
Biasanya pasca operasi, pasien sering mengeluhkan rasa nyeri yang timbul, terutama bekas luka jahitan yang belum kering. Penggunaan sayatan yang kecil, tidak akan meninggalkan rasa nyeri pada luka jahitan.

  • Minim resiko infeksi.
Sering dijumpai pasien yang baru saja menjalani operasi normal, merasakan rasa nyeri dan panas pada luka bekas jahitan. Hal ini bisa saja disebabkan timbulnya infeksi pada luka bekas jahitan yang bisa disebabkan kurang sterilnya peralatan operasi.

  • Rawat inap sebentar.
Pasien setelah pasca operasi biasanya menjalani rawat inap pasca operasi sekitar 7 hari untuk memantau adanya kelainan ataupun kemajuan pasca operasi. Disamping itu, rawat inap pasca operasi digunakan untuk menunggu bekas luka agak mengering. Dengan menggunakan teknik lubang kunci ini, rawat inap pasca operasi hanya memerlukan waktu pendek, sekitar 1-2 hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar