Rabu, 09 Mei 2012

Tips Membentuk Kebiasaan Baik Anak 1

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/tips-membentuk-kebiasaan-baik-anak-1.html



Tumbuh positif, ceria dan percaya diri adalah beberapa sifat dasar yang berusaha ditanamkan oleh orang tua kepada anak. Namun ada satu hal lagi yang diperlukan dalam pembentukan karakter atau character building anak, yaitu disiplin dan bertanggung jawab.

Agar dapat menanamkan nilai positif kepada anak, orang tua hendaknya harus kompak untuk selalu konsisten saat menerapkan berbagai nilai, aturan, dan disiplin, sehingga anak memiliki pegangan kuat dan tidak bingung. 

Berikut ini tips membentuk kebiasaan baik untuk anak usia 13-18 bulan:

  • Tetap tenang.
Setelah merayakan ulang tahun pertamanya, anak biasanya masih senang mencari tahu akibat dari tingkah lakunya bagi dirinya ataupun orang lain. Terkadang saat anak dilarang untuk melakukan sesuatu, mereka malah melakukan sebaliknya. Apabila anak melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, jauhkan anak dari apa yang dilakukannya lalu alihkan perhatiannya pada hal lain.

  • Beri penjelasan.
Orang tua hendaknya menjelaskan bahwa apa yang dilakukan itu sangatlah tidak baik. Beri penjelasan sederhana yang mudah dipahami anak.

  • Beri contoh.
Orang tua hendaknya langsung memberikan contoh kebiasaan baik yang harus dilakukan, misalnya dengan merapikan kembali benda-benda yang telah selesai digunakan. Dengan demikian anak terdorong untuk melakukan hal serupa dengan yang orang tua lakukan.

  • Berikan pujian.
Berikan pujian ketika anak telah melakukan kebiasaan baik dan jelaskan juga mengapa pujian itu diberikan. Dengan demikian anak akan termotivasi untuk mengulang kebiasaan baik tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar