Jumat, 25 Mei 2012

Melatih Tanggung Jawab Batita 3

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/melatih-tanggung-jawab-batita-3.html



Tanggung jawab adalah hal penting yang harus dimiliki anak untuk bisa sukses dalam hidupnya pada saat dewasa kelak. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak, sebenarnya merupakan salah satu bagian dalam menanamkan nilai-nilai positif dan kebiasaan baik pada anak.

Membiarkan anak melakukan suatu kewajiban dapat mengasah kemampuannya dan membuatnya lebih percaya diri. Jika batita mengerjakan sesuatu kurang dari sempurna, orang tua hendaknya membiarkan saja dan jangan membantunya. Cukup berikan masukan yang positif. Membuat anak merasa mampu mengerjakan sesuatu, jauh lebih penting daripada bagaimana cara anak mengerjakannya.

Berikut ini tips melatih tanggung jawab untuk batita dengan usia 25-30 bulan:

  • Amati perilakunya.
Pada usia ini, anak cenderung masih egosentris. Perkembangan moralnya masih terbatas pada keuntungan yang didapat dan tidak senang terhadap suatu larangan. Seiring perkembangan dan pertambahan usianya, pemahaman anak mengenai hal yang baik dan yang tidak baik akan semakin berkembang.

  • Beri dorongan.
Pada saat tertentu, anak akan paham bahwa perilaku baik dan perilaku buruk sebenarnya juga berhubungan dengan orang lain. Beri dorongan positif agar anak mampu membedakan perilaku yang baik dan yang kurang baik, sehingga anak akan terus meningkatkan perilaku baiknya.

  • Penghargaan dan hukuman.
Pada tahap ini, anak juga belajar tentang perilaku baik dan perilaku buruk berdasarkan konsekuensi langsung yang diterimanya. Oleh karenanya penghargaan dan hukuman sangat penting bagi anak pada usia ini. Orang tua bisa memberikan penghargaan berupa senyuman, sentuhan sayang, pujian ataupun melakukan aktifitas yang disenanginya. Sedangkan hukuman dapat diberikan berupa memakai nada tinggi ketika anak melakukan tindakan yang kurang baik atau bisa saja melarang anak melakukan hal-hal yang disenanginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar