Selasa, 29 Mei 2012

Yuk, Kenali Jenis Ice Cream!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/yuk-kenali-jenis-ice-cream.html



Every body loves ice cream... begitulah pendapat orang. Ice cream, salah satu olahan kuliner yang terbuat dari bahan dasar susu ini, sebenarnya merupakan busa atau gas yang bercampur dalam cairan. Memang membuat ice cream secara manual membutuhkan waktu yang sangat lama, waktu bekunya bisa berjam-jam, belum lagi penggunaan mixer atau proses pengocokan yang berulang-ulang, sebelum didapatkan cita rasa yang lembut.

Berikut ini beberapa jenis ice cream yang wajib dicicipi bagi ice cream lovers, yaitu:

  • Gellato.
Gellato merupakan istilah lain ice cream dalam bahasa Italia. Gellato merupakan ice cream dengan cita rasa yang tinggi, karena tidak terbuat dari susu biasa, melainkan terbuat dari susu pilihan dengan kadar lemak rendah, sedangkan teknik pengocokan yang dilakukan dengan kecepatan rendah.

  • Spaghetti ice cream.
Spaghetti ice cream merupakan ice cream nikmat asal jerman. Ice cream ini dicetak menggunakan cetakan mie, sehingga bentuknya menyerupai spaghetti. Biasanya ice cream ini diberikan tambahan topping yang terbuat dari krim kocok dan selai strawberry, parutan kelapa, almon yang dihancurkan ataupun coklat putih.

  • Kulfi.
Kulfi merupakan jenis ice cream dari India. Ice cream ini dibuat dari susu kerbau dengan tambahan perasa pistachio, mangga kapulaga dan safron. Ciri khas kulfi adalah cita rasa susunya yang kuat.

  • Fried ice cream.
Fried ice cream dibuat dengan cara membekukan ice cream lebih dahulu pada suhu yang paling dingin, kemudian  dilapisi lagi dengan roti yang dilumuri telur dan tepung roti, kemudian dibekukan kembali, setelah itu baru digoreng sebentar pada minyak panas.

  • Chambungau samanco.
Ice cream ini memiliki bentuk yang unik dan bisa dikreasikan dalam berbagai bentuk, karena terdapat lapisan wafer renyah pada permukaan luarnya. Pada bagian dalamnya terdapat lapisan ice cream vanilla yang lembut, sirup kacang merah dan butiran kenyal rice cake.

  • Sorbet.
Sorbet merupakan salah satu jenis ice cream dengan tekstur kasar yang memiliki rasa masam dan fresh. Sorbet merupakan ice cream yang terbuat dari sari buah dengan kadar yang tinggi dengan penambahan gula yang rendah. Cocok bagi mereka yang ingin berdiet karena kandungan susu yang tidak ada dan kadar gula rendah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar