Kamis, 24 Mei 2012

Melatih Tanggung Jawab Batita 1

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/05/melatih-tanggung-jawab-batita-1.html



Tanggung jawab adalah hal penting yang harus dimiliki anak untuk bisa sukses dalam hidupnya pada saat dewasa kelak. Menumbuhkan rasa tanggung jawab pada anak, sebenarnya merupakan salah satu bagian dalam menanamkan nilai-nilai positif dan kebiasaan baik pada anak.

Membiarkan anak melakukan suatu kewajiban dapat mengasah kemampuannya dan membuatnya lebih percaya diri. Jika batita mengerjakan sesuatu kurang dari sempurna, orang tua hendaknya membiarkan saja dan jangan membantunya. Cukup berikan masukan yang positif. Membuat anak merasa mampu mengerjakan sesuatu, jauh lebih penting daripada bagaimana cara anak mengerjakannya.

Berikut ini tips melatih tanggung jawab untuk batita dengan usia 13-18 bulan:

  • Ciptakan rutinitas.
Kenalkan rutinitas dan kebiasaan-kebiasaan baik pada tahun pertama kehidupan anak, misalnya cuci tangan sebelum makan, mengembalikan mainan yang selesai digunakan. Jika orang tua dapat membentuk kebiasaan baik semenjak tahun pertama kehidupannya, maka akan lebih mudah menanamkan kebiasaan baik yang lain pada tahap selanjutnya.

  • Beri pujian.
Berilah pujian yang tulus apabila anak berhasil mengerjakan rutinitasnya tanpa perlu disuruh. Pujian yang terbaik adalah pujian yang disertai penjelasan kepada anak bahwa ia telah melakukan perilaku yang benar.

  • Kembangkan kemampuan.
Pada usia ini, batita cenderung senang bereksplorasi untuk mengembangkan kemampuan emosional, intelektual, motorik dan fisiknya. Usahakan memberikan cerita atau bacakan cerita positif sebelum anak beranjak tidur, sehingga anak mampu mengembangkan kemampuan berbahasa dan imajinasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar