Senin, 25 Juni 2012

Yuk, Rawat Kecantikan Kulit!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/06/yuk-rawat-kecantikan-kulit.html



Kecantikan kulit dan wajah merupakan salah satu karunia yang harus senantiasa dijaga dan dipelihara, walaupun pada kenyataannya seiring dengan pertambahan usia, perawatan kecantikan dan peremajaan kulit akan semakin rumit.

Salah satu cara merawat dan menjaga keremajaan dan kecantikan kulit adalah dengan membatasi makanan atau menambah porsi makanan tertentu. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang cocok dengan jenis kulit dan usia, ada baiknya menyimak beberapa jenis makanan yang sebaiknya ditingkatkan porsinya mulai dari remaja.

Jenis makanan yang harus ditingkatkan dan dikurangi porsinya sesuai usia adalah:

  • Untuk remaja dan usia 20-an.
Pada usia ini, masalah yang mengganggu kesehatan kulit dan sering ditemui adalah jerawat. Hendaknya rajin merawat kebersihan kulit muka dan sebaiknya hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi ataupun makanan berlemak serta yang mengandung soda. Apabila membutuhkan gula yang cukup tinggi, hendaknya mengkonsumsi coklat hitam, buah berry beku ataupun ceri yang kaya akan antioksidan.

  • Untuk usia 30-an.
Pada usia ini, sel-sel kulit akan lebih lama dalam ber-regenerasi, sehingga diperlukan makanan pendukung untuk mempercepat regenerasi sel kulit, yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung beta-karoten atau disebut juga exfoliant alami, yaitu buah atau sayur yang berwarna oranye seperti wortel, blewah dan ubu jalar atau sayur berdaun hijau gelap untuk membantu mempercepat regenerasi sel kulit mati.

  • Untuk usia 40-an.
Pada usia ini, keriput akan mulai tampak. Hendaknya mengkonsumsi jenis makanan yang kaya dengan vitamin C seperti paprika, jeruk, kubis dan brokoli, sehingga keriput tidak banyak muncul. Selain itu elastisitas kulit juga akan tetap terjaga, walaupun tidak seperti pada saat remaja.

  • Usia 50-an.
Pada usia ini, tubuh memerlukan asupan cairan yang lebih banyak. Konsumsi makanan yang banyak mengandung cairan, agar kelembaban kulit tetap terjaga, karena sel kulit yang mati akan sangat lambat melakukan regenerasi. Jaga agar sel tubuh tetap lembab dengan mengkonsumsi buah ketimun, jamur, persik, jeruk, anggur dan berry. Perbanyak juga meminum air putih dan minuman tidak berkalori, seperti minuman ringan tanpa soda, teh hijau dan tidak minum kopi secara berlebihan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar