Sabtu, 09 Juni 2012

Tips Aman E-Commerce

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/06/tips-aman-e-commerce.html



E-commerce atau belanja lewat fasilitas elektronik, memang menjanjikan berbagai keuntungan. Selain tidak perlu diribetkan dengan urusan transportasi, antara pembeli dan penjual tidak perlu menghabiskan waktu yang tidak perlu.

Namun belanja lewat e-commerce juga memerlukan perhatian dan kewaspadaan ekstra, salah satunya belanja on-line. Agar merasa aman dan tidak tertipu lewat transaksi on-line, berikut ini beberapa tips aman dalam belanja lewat e-commerce, yaitu:

  • Lihat komentar.
Lihat komentar dari orang-orang yang telah membeli lewat toko on-line tersebut. Jika komentarnya bagus-bagus dan masuk akal, berarti toko tersebut recomended seller. Googling juga produk yang akan dibeli, kalau harga yang ditawarkan kelewat mahal atau murah, lebih baik tunda dulu.

  • Sesuai.
Sesuaikan dulu antara foto barang yang dipajang dengan barang yang dijual. Minta dulu foto asli barangnya, apabila penjual tidak mau memberikan foto barang asli dengan alasan pre order, lebih baik minta perjanjian dulu. Misalnya pembelian batal bila barang tidak sesuai dengan fotonya.

  • Rekening bersama.
Apabila bermaksud membeli barang secara COD atau cash on delievery, sebaiknya ditunda apabila menghawatirkan. Karena sekarang banyak sekali kurir pengantaran yang agak nakal. Lebih baik gunakan rekening bersama. Maksudnya pembeli mentransfer lewat rekening bersama, lalu setelah barang diantar, rekening bersama akan mencairkan uang yang telah ditransfer kepada penjual.

  • Tak pelu pake karu kredit.
Biasanya pembayaran barang via online harus mencantumkan nomor kartu kredit, namun pada saat sekarang, transaksi on-line bisa dibayar melalui fasilitas kartu ATM, salah satunya memanfaatkan clickpay dari salah satu bank terkemuka.

  • Cek total belanjaan.
Apabila bertransaksi lewat toko on-line luar negeri, usahakan total belanjaan tidak melebihi USD 50, karena barang yang dikirim bisa nginep di kantor pos dan pembeli harus membayar bea cukai barang masuk terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar