Rabu, 27 Juni 2012

Yuk, Atur Pola Makan Diabetesi!

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/06/yuk-atur-pola-makan-diabetesi.html



Diabetes adalah salah satu penyakit yang disebabkan tingginya kadar gula dalam darah. Terkadang juga, penyakit diabetes sering diiringi berbagai penyakit lain seperti asam urat, hipertensi dan hiperkolesterolemia. Agar kadar gula darah penderita diabetes dapat terjaga dalam kondisi normal, perlu kiranya penderita diabetes melakukan cek gula darah secara rutin. Selain melakukan cek gula darah secara rutin, ada baiknya penderita diabetes mengkonsumsi makanan yang bisa menjaga kadar gula darah.

Pada intinya, pengaturan pola makan diabetesi harus memperhatikan:

  • Jumlah makanan.
Perhatikan jumlah makanan dengan diet seimbang. Diet seimbang yang dimaksudkan adalah seorang diabetesi juga harus memenuhi zat makanan penting, yaitu zat pembangun, pengatur dan zat tenaga.

  • Sesuai jadawal.
Konsumsi makanan hendaknya mengatur jadwal makan sesuai dengan yang dianjurkan, yaitu sebanyak tiga kali untuk makanan utama dan tiga kali camilan.

  • Jenis makanan.
Konsumsi jenis makanan yang yang memiliki kandungan kalori yang rendah, tidak mengandung lemak ataupun kolesterol, diantaranya: beras merah, asparagus, brokoli, kubis, kembang kol, kentimun, bayam, tomat dan selada. Selain itu, hindari makan dan minuman manis dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat dan mengenyangkan.

Selain pengaturan pola makan, diabetesi juga harus rutin berolah raga selama lebih kurang 30 menit, dengan pilihan olahraga jogging, bersepeda dan senam sesuai kemampuan.  Jika kaki merasa mati rasa atau kesemutan, diabetesi hendaknya melakukan olahraga kaki, dengan cara:

  • Posisi berdiri, kaki sejajar dan angkat kaki lurus, tidak terlalu tinggi, misalnya 900, lakukan gerakan memutar dari kanan 10 kali dan kiri 10 kali secara bergantian.
  • Posisi duduk, letakkan koran bekas sebagai alas di lantai. Injak setiap ujung koran dengan kaki kiri dan kanan. Kemudian ubah koran menjadi bentuk bola dengan menggunakan kaki, dan kembalikan ke bentuk semula dengan kaki juga. Hal ini untuk melatih otot-otot kaki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar