Selasa, 27 Maret 2012

Pola Makan Penderita Gallblader Stone

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/pola-makan-penderita-gallblader-stone.html



Pengaturan pola makan sangat penting bagi penderita yang sudah terdiagnosa mengidap penyakit gallbladder stone atau batu kandung empedu. Memang terkadang menjalani pola makan ini sangat sulit, terutama bagi mereka yang sudah terbiasa makan makanan yang berlemak, karena akan terasa hambar.

Pengaturan pola makan ini terbagi menjadi dua, yaitu khusus bagi penderita yang mengalami obesitas, dan penderita dengan berat badan ideal dan kurus. Adapun panduan pola makan penderita gallbladder stone adalah:

1. Untuk pasien overweight dan obesitas.

  • Sebelum operasi harus mengkonsumsi teh manis pada pukul 7 pagi, pisang dan sirup manis pada pukul 8 pagi, pepaya pada pukul 10 pagi, setelahnya setiap 2 jam makan pepaya dan pisang bergantian.
  • Setelah operasi pengangkatan batu empedu atau saluran empedu harus mengkonsumsi bubur ayam rebus untuk pagi hari, nasi tim untuk siang hari, dan bubur pada malam hari. Jika kondisi pasien sudah memungkinkan, pasien boleh makan nasi.
2. Untuk pasien dengan berat badan ideal atau kurus.   

  • Sebelum operasi hendaknya mengkonsumsi telur ceplok dan roti pada pagi hari, tumis sayur, ayam dan bubur pada siang hari, dan ikan bakar, lalapan sayur, nasi tim pada malam hari.
  • Setelah operasi batu empedu atau kandung empedu sebaiknya menjalani pola makan yang sama sebelum operasi. Boleh juga ditambahkan semua jenis buah-buahan terutama apel kecuali durian dan nangka sebagai camilan  dan berbagai sayuran kecuali sawi, kol, kacang merah dan mentimun. Pengecualian disebabkan banyaknya gas yang dikandung dalam buah/sayur tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar