Jumat, 09 Maret 2012

Macam Terapi Kanker Paru

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/macam-terapi-kanker-paru.html



Terapi pada kanker paru, merupakan suatu usaha untuk mengobati berbagai macam stadium penderita kanker paru. Pada materi sebelumnya telah dibahas macam stadium kanker paru, yang penentuannya didasarkan pada TNM ( tumor, nodule dan metafase). Dengan mengetahui ukuran tumor dan letak serta penyebarannya, pasien penderita kanker paru bisa terdeteksi jenis stadiumnya.

Berikut ini macam terapi pengobatan kanker paru berdasarkan stadium penderita, yaitu:

  • Pembedahan.
Dilakukan untuk penderita kanker paru stadium 1. Pada operasi konvensional, dilakukan irisan sepanjang 20 cm, sedangkan pada operasi invasif, hanya dilakukan irisan sepanjang 6 cm. Operasi ini dilakukan untuk membuang lobus atau bagian paru yang dihinggapi kanker.

  • Pembedahan dilanjutkan radiasi atau kemoterapi.
Dilakukan untuk penderita kanker paru stadium 2 dan 3A. Setelah sel kanker terangkat sebagian, dilakukan kemoterapi untuk mematikan sel kanker yang tersisa.

  • Kemoterapi, radiasi serta terapi paliatif.
Dilakukan untuk penderita kanker paru stadium 3B dan 4. tindakan ini tanpa dilakukan pembedahan, karena kontraindikasi untuk dibedah.

  • Terapi 3C.
Terapi 3C yaitu cryosurgical ablation atau bedah beku, microvascular intervention atau kemoterapi pada target tumor dan combined immunoteraphy for cancer atau mendongkrak daya tahan tubuh pasien, dilakukan untuk penderita kanker paru stadium 3 dan 4.

Dengan mengetahui macam stadium kanker paru pada penderita, tindakan medis yang tepat dan efisien dapat segera dilakukan....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar