Sabtu, 10 Maret 2012

Keanehan Pada Awal Kehamilan

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/keanehan-pada-awal-kehamilan.html



Keanehan pada kehamilan, biasa dirasakan oleh calon bunda, terutama pada masa awal kehamilan. Beberapa macam keanehan fisiologi ini memang tidak berbahaya, walaupun sedikit mengganggu. Apa saja macam keanehan pada awal kehamilan? Bagaimana cara mengatasi keanehan yang mungkin terjadi?

Berikut ini data dan fakta seputar keanehan simtom pada awal kehamilan dan cara mengatasinya, yaitu:

  • Puting membesar dan berwarna gelap.
Disebabkan hiperpigmentasi di daerah yang memang sudah gelap. Hal ini dipicu oleh produksi hormon yang makin meningkat. Keadaan ini merupakan keadaan yang normal bagi calon ibu yang akan menyusui. Setelah proses menyusui, puting akan kembali normal.

  • Vagina berlendir dan mengeluarkan cairan.
Disebabkan karena produksi sekresi lendir pada leher rahim bertambah. Keluarnya cairan ini dianggap normal jika lendir yang keluar tidak berwarna, tidak berbau dan bertekstur halus. Jika sebaliknya, berarti terkena infeksi jamur. Menjaga higenitas daerah vagina, hindari penggunaan cairan pembersih vagina dan konsultasi ke dokter kandungan dapat memecahkan masalah yang dihadapi.
  • Pembengkakan pada kaki
Disebabkan karena terhambatnya peredaran darah limfatik dari kaki keatas terhambat beban perut yang makin membesar. Mengurangi aktivitas fisik yang berat, mengganjal posisi kaki saat tidur, serta melakukan pijat hamil dapat membantu menguranginya.

Tidak membahayakan, karena hormon melanin memicu peningkatan aliran pembuluh darah ke rongga hidung yang mempunyai banyak pembuluh kapiler juga makin deras, hal ini mempengaruhi penebalan selaput lendir hidung, sehingga gampang terluka dan berdarah. Mengompres hidung dengan es jika terlanjur berdarah dan mengurangi membersihkan cairan hidung dengan cotton buds harus dilakukan.

  • Kulit kusam, melasma dan scretch mark.
Penyebabnya adalah hormon melanin yang diproduksi berlebih oleh tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan aliran pembuluh darah, yang pada akhirnya membuat pembuluh darah makin terlihat jelas di permukaan kulit. Setelah pasca melahirkan, keanehan ini akan hilang dengan sendirinya.

  • Pembangkakan Gusi.
Pembengkakan pada gusi disebabkan karena pengaruh hormonal yang makin meningkat. Gejala ini tidak membahayakan. Cukup gunakan sikat gigi yang lembut atau menyikat gigi dengan hati-hati.

  • Banyak berkeringat.
Metabolisme tubuh yang meningkat, menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga produksi keringat juga ikut meningkat. Keringat berlebih dimaksudkan untuk menjaga stabilitas suhu tubuh. Mengenakan baju tipis dan mudah menyerap keringat, serta banyak mengkonsumsi minuman, dapat mengatasi permasalahan tersebut. Bila perlu sediakan handuk kecil untuk mengelap keringat.

Dengan mengetahui berbagai keanehan pada awal kehamilan, tindakan yang tepat dapat segera di ambil...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar