Sabtu, 25 Februari 2012

Thalassemia, Fakta dan Penyebab

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/02/thalassemia-fakta-dan-penyebab.html



Mungkin banyak yang belum mengenal penyakit thalassemia. Penyakit thalassemia adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh terjadinya kelainan sel darah merah yang diturunkan dari orang tua (conginetal herediter). Kelainan ini terjadi karena adanya gen cacat yang menyebabkan ketidakseimbangan pemroduksian salah satu atau lebih dari keempat rantai asam amino yang membentuk hemoglobin.

Thalassemia merupakan penyakit turunan yang mematikan. Tapi tidak banyak masyarakat kita yang tahu tentang penyakit ini. Bahkan banyak dari mereka yang baru tahu bahwa dirinya adalah si pembawa sifat (carrier) ketika anak mereka terkena thalassemia. Sebenarnya, penyakit thalassemia ini dapat dicegah, dengan melakukan pemeriksaan lengkap sebelum menjalani pernikahan, atau dengan mencari info tentang latar belakang keluarga mereka.

Sebagai gambaran untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan keturunan yang akan lahir mengidap thalassemia adalah sebagai berikut:
  • bapak carrier, ibu normal, keturunan pertama 50% normal, 50% carrier.
  • bapak carrier, ibu carrier, keturunan pertama 25% thalassemia, 50% carrier, 25% normal.

Dengan mengetahui riwayat penyakit anggota keluarga yang terlibat, thalassemia dapat dicegah, yaitu sebisa mungkin menghindari keturunan pertama yang merupakan carrier...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar