Selasa, 28 Februari 2012

Tuberkulosis, Bahaya Bila Berkorelasi

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/02/tuberkulosis-bahaya-bila-berkorelasi.html



Penyakit tuberkulosis tak hanya berdiri sendiri dalam merusak paru-paru. Mycobacterium Tuberculosis, yang merupakan kuman penyebab penyakit TB ini, mampu bersinergi dengan berbagai penyakit kronis dan berbahaya lain. Apa saja penyakit kronis tersebut?

  • HIV/AIDS
Bila bergabung menyebabkan resiko tinggi kematian, karena berdasarkan data terakhir, sekitar 60% pasien yang terkena HIV/AIDS atau ODHA, juga positif tejangkit TB.Tb mempunyai andil sebesar 40% penyebab kematian dini pada ODHA. Data ini berarti 4x lipat lebih tinggi dibandingkan ODHA tanpa TB. 

  • Diabetes Melitus
Pengobatan penyakit TB pada pasien yang menderita diabetes juga sangat susah dan riskan, karena pemberian obat TB bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, sedangkan pengobatan diabetes melitus, harus mengurangi kandungan gula dalam darah. Lebih disarankan apabila pengobatan diabetes menggunakan terapi insulin, sehingga kadar gula dalam darah bisa lebih terkontrol, walaupun biayanya sedikit mahal, namun seiring dengan kematian kuman penyebab TB, kebutuhan akan terapi insulin akan bisa dikurangi...

1 komentar: