Senin, 25 Juni 2012

Tips Memotivasi Diri

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/06/tips-memotivasi-diri.html



Seringkali kita berada dalam situasi yang kurang menyenangkan, serta semangat juang dalam menjalani suatu tantangan terasa hilang, sehingga kehidupan terasa datar-datar saja. Untuk mengatasi rasa kebosanan atau tantangan yang mulai menghilang, ada baiknya melakukan tindakan untuk dapat memicu semangat dan memotivasi diri sendiri, sehingga timbul semangat baru untuk menaklukkan tantangan.

Berikut ini beberapa tips untuk memotivasi diri, yaitu:

  • Tujuan.
Temukan dan tetapkan tujuan sebelum mulai melangkah. Buatlah list atau daftar yang menjadi tujuan anda dalam melakukan suatu kegiatan. Dengan memiliki daftar tujuan yang ingin dicapai, diri sendiri akan kembali termotivasi.

  • Inspirasi.
Setelah tujuan sudah ditetapkan atau ditentukan, cari cara untuk mencapainya. Cari dan baca suatu artikel tentang orang-orang sukses dan bagaimana mereka menggapainya, sehingga kita akan mendapat inspirasi.

  • Lingkungan yang tepat.
Tentukan dan temukan lingkungan yang tepat yang bisa mendukung tujuan. Hadiri seminar atau berkumpul dengan orang-orang sukses, sehingga akan termotivasi kembali untuk mencapai tujuan.

  • Logis dan Realistis.
Tentukan target yang ingin dicapai dengan realitis dan logis. Hendaknya jangan memberikan target dan atau tujuan yang terlalu muluk ataupun terlalu ringan, sehingga tidak menjadikan kekecewaan karena target yang terlalu muluk ataupun menurunkan semangat, karena tujuan yang terlalu ringan.

  • Tetap Fokus.
Jaga pikiran dan semangat tetap fokus dalam mencapai suatu tujuan, dengan demikian motivasi diri akan tetap terjaga.

  • Bersabar.
Apabila semua hal diatas telah dilakukan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, namun masih saja kurang berhasil, hendaknya bersabar. Lakukan evaluasi secara menyeluruh, barangkali ada yang keliru dalam menjalani prosesnya. Dalam mencapai suatu tujuan, memang tidak bisa dilakukan secara instan, ada proses panjang yang akan dilalui. Jangan sampai waktu yang panjang menyebabkan kbosanan atau kehilangan fokus tindakan.

  • Hargai keberhasilan.
Apabila dalam suatu proses, kita mendapatkan suatu keberhaslan, jangan ragu untuk memberikan apresiasi tehadap yang telah dicapai. Apresiasi terhadap diri sendiri bisa berupa berlibur ataupun membeli suatu barang atau kesenangan.

  • Tetap berpikir positif.
Berpikir positif dalam menjalani semua permasalahan dan kemungkinan yang ada, sehingga tujuan akan mudah tercapai dan energi tidak akan terbuang sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar