Senin, 05 Maret 2012

E-commerce, Keuntungan dan Kerugian

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/03/e-commerce-keuntungan-dan-kerugian.html



Electronic commerce atau perdagangan elektronik, adalah suatu sistem perdagangan atau peristiwa jual-beli, yang menggunakan sistem elektronik sebagai sistem transaksi. Sistem elektronik yang dimaksud adalah penggunaan internet atau sistem jaringan komputer yang lain, misalnya pemindahbukuan, ATM, elektronik banking atau internet banking.

Seiring perkembangan dunia bisnis dan investasi yang makin maju dan beragam, sistem perdagangan secara elektronik ini, tidak hanya sebatas transaksi jual-beli saja, tetapi juga merambah bidang lain seperti jasa, bisnis online dan juga sistem pengembangan jaringan pemasaran. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pada saat sekarang, pembayaran sistem tunai sudah mulai ditinggalkan, karena uang elektronik sudah sangat dikenal luas di masyarakat, serta tingkat keabsahannya yang valid. Dalam setiap transaksi, cukup memberikan bukti transfer via ATM atau mengirimkan file transfer uang yang berbentuk pdf lewat e-mail.

Tentu saja, untuk dapat memperlancar proses e-commerce, diperlukan beberapa alat pendukung, seperti : memiliki rekening tabungan, transfer dana elektronik (electronic fund tansfer/eft), manajemen pendistribusian/pasokan (supply chain management), pemasaran lewat internet (internet marketing), pemroses transaksi online (online transaction processing), pengubah data elektronik (electronic data interchange/edi), sistem manajemen ketersediaan/stock (inventory management system), sistem pengumpul data otomatis (automated data collection systems).

Apa saja keuntungan dan kerugian e-commerce? Berikut ini beberapa keuntungan perdagangan secara elektronik atau e-commerce sebagai salah satu inovasi terbaik di dunia dalam bidang ekonomi, yaitu :

  • Aman dari gangguan pencurian. Penggunaan bukti transfer atau cetakan transaksi e-banking merupakan bukti transaksi pembayaran yang sah dan banyak sekali jaringan atm yang mudah dijumpai.
  • Efektif dan efisien. Transaksi tidak memerlukan uang tunai serta kedua belah pihak tidak perlu bertemu secara langsung.
  • Pemasaran secara luas. Penggunaan internet marketing sebagai salah satu metode pemasaran, mampu menjangkau daerah pasar yang luas, dengan biaya yang relatif murah.
  • Menghemat waktu dan biaya. Kedua belah pihak dapat segera menyelesaikan transaksi, tanpa perlu membuang waktu dan biaya untuk negosiasi atau perundingan harga.
Walaupun e-commerce atau perdagangan secara elektronik memiliki banyak keuntungan, namun terkadang e-commerce memiliki beberapa kerugian, seperti :

  • Barang tidak sesuai dengan contoh. Seringkali ditemui transaksi yang terjadi, tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.
  • Transaksi ganda. Terkadang jaringan atm atau internet banking mengalami gangguan, sehingga transaksi yang terjadi seringkali gagal diproses, walaupun saldo sudah berkurang. Diperlukan waktu lebih lama untuk mengklarifikasikan transaksi yang telah terjadi pada pihak bank.
  • Belajar lagi. Penggunaan internet marketing sebagai media pemasaran, memerlukan web hosting dan web domain untuk menawarkan barang/jasa. Belum lagi beberapa metode yang harus dipelajari agar world wide web yang berisi barang/jasa penyedia dikenal masyarakat.
  • Alamat tidak sesuai. Terkadang penawaran yang terlalu murah sangatlah memikat, namun alamat penyedia layanan tidak sesuai atau fiktif, sehingga rawan penipuan.
Apapun keuntungan dan kerugian e-commerce, sebenarya sistem penjualan secara elektronik, memberikan pengaruh yang besar dalam perkembangan ekonomi dunia sekarang ini. 

1 komentar: