Rabu, 21 November 2012

Tips Memulai Usaha Sendiri

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/11/tips-memulai-usaha-sendiri.html



Pekerjaan tak sesuai gaji, jumlah lapangan kerja yang makin sempit serta persaingan menjadi karyawan yang makin ketat, sepertinya menjadi faktor pemicu untuk memulai usaha sendiri daripada menjadi karyawan. Memulai suatu usaha atau bisnis baru, justru merupakan alternatif menarik yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan. Sebelum memulai usaha sendiri atau bisnis sendiri, ada baiknya mengetahui beberapa tips memulai usaha sendiri.

Tips memulai usaha sendiri, apa saja?

Berikut ini beberapa tips memulai usaha sendiri, sebagaimana dialansir dari berbagai sumber, yaitu:

  •    Rencana matang
Buat perencanaan yang lengkap hingga pengembangan ke depannya seperti apa. Jangan lupa sertakan formal business plan secara tertulis, agar bila sewaktu-waktu membutuhkan pinjaman ke bank tidak menyulitkan.

  •          Keuangan
Keungan dan sumber dana juga harus direncanakan secara matang. Paling enak memang menggunakan uang sendiri, tetapi bila diperlukan tambahan dana, sebaiknya mencari pendanaan melalui bank yang menyediakan fasilitas kredit usaha kecil dengan suku bunga rendah.


  •          Lokasi yang pas
Cari dan tentukan lokasi yang pas sesuai dengan bidang usaha atau bisnis yang hendak dikembangkan.  Usahakan lokasinya bisa dijangkau alat transportasi dengan mudah serta memiliki lahan parkir yang memadai.


  •          Marketing/pemasaran
Gunakan teknik marketing yang tepat, seperti pemasangan spanduk, baliho, iklan internet atau gethok tular, tergantung dari jenis bisnis yang hendak dilakukan.


  •          Urus izin dan legalitas
Pertimbangkan bahwa usaha yang ditekuni akan menjadi besar, sehingga tidak menimbulkan kesulitan di kemudian hari.


  •          Daftarkan nama
Daftarkan nama perusahaan atau usaha yang hendak ditekuni, agar jika kelak berkembang pesat, nama usaha tidak diserobot orang lain yang lebih dulu medaftarkan nama perusahaan.

Itulah beberapa tips memulai usaha sendiri. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar