Senin, 16 Juli 2012

Oil Balancing, Rawat Rambut Berjilbab

http://indahkeluargaku.blogspot.com/2012/07/oil-balancing-rawat-rambut-berjilbab.html



Menutup rambut dengan jilbab merupakan suatu kewajiban bagi wanita muslim. Namun kondisi rambut yang tertutup dalam waktu yang lama, rentan menimbulkan masalah rambut. Mengontrol kadar minyak kulit kepala, barangkali merupakan salah satu cara menjaga rambut berjilbab agar tetap sehat.

Indonesia, yang merupakan negara tropis, menimbulkan masalah tersendiri bagi wanita berjilbab. Udara hangat akan menyebabkan kulit rambut senantiasa berkeringat, sedangkan kulit kepala tertutup membuat udara tidak bebas bersikulasi, akibatnya keringat akan terperangkap di bawah kerudung/jilbab, dan kulit kepala menjadi lembab. Kulit kepala lembab akan menyebabkan kondisi kulit kepala berminyak

Salah satu cara merawat agar kulit kepala tidak berminyak adalah dengan metode oil balancing. Oil balancing adalah metode menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kepala, sehingga minyak tidak akan menumpuk pada kulit kepala yang bisa mengakibatkan gangguan pada pori-pori kulit kepala. Gangguan pada pori-pori kulit kepala ini dapat mengganggu kesehatan rambut.

Beberapa langkah dalam metode oil balancing adalah:

  • Scan kulit kepala.
Scanning kulit kepala bertujunan untuk memastikan kondisi kulit kepala. Apakah terlalu berminyak, sedang atau kering. Demikian juga untuk menentukan jarak antara folikel rambut antara satu dengan yang lain. Jika jaraknya terlalu jauh, dapat menimbulkan problem rontok. Dengan mengetahui kondisi kulit kepala, bisa ditentukan jenis shampo dan londisioner yang cocok.

  • Peeling.
Peeling digunakan untuk mengangkat kotoran dan minyak yang menempel pada kulit kepala.

  • Cuci rambut.
Setelah selesai dilakukan peeling, rambut kemudian dicuci dengan shampo khusus. Pencucian dengan shampo yang tepat akan menyebabkan rambut terasa ringan dan bisa bergerak bebas.

  • Masker.
Masker rambut digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut rusak yang rusak, mengembalikan kelembutan rambut atau melindungi rambut dari pengaruh luar yang merusak. Masker dioleskan keseluruh batang rambut, lalu diemulsikan keseluruh kulit kepala untuk dilakukan pemijatan.

  • Pijatan.
Pijatan berguna untuk memperlancar peredaran darah rambut yang menuju pori-pori rambut, sehingga pertumbuhan rambut dapat dirangsang.

  • Micro mist.
Micro mist berguna untuk mengubah kandungan O2 pada rambut menjadi O3, yang berguna untuk membebaskan rambut dan kulit kepala dari partikel racun dan zat kimia. Selain itu juga berguna untuk peresapan masker secara maksimal. Setelah penggunaan selama 15 menit, rambut kemudian diberi kondisioner yang sesuai dengan jenis rambut.

  • Tonik dan serum.
Langkah terakhir adalah memberikan tonik khusus agar rambut lebih kuat dan sehat. Pemberian serum digunakan untuk melindungi rambut dari debu dan panas matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar